Direktorat jendral informasi & komunikasi publik – Salah satu upaya pemerintah RI dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Indonesia, yakni dengan menyalurkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) kepada kelompok tani di berbagai wilayah. Masifnya program penyaluran Alsintan memang telah menjadi program andalan Kementrian Pertanian sejak beberapa tahun lalu dalam mengoptimalkan produksi pangan lokal.

Pada bulan Mei 2021 ini sendiri, Kementan juga telah merealisasikan programnya tersebut di berbagai wilayah, seperti di Lampung Tengah dan di Malang. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menuturkan bahwa Alsintan yang telah diberikan melalui program ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh petani, khususnya dalam hal mendukung peningkatan produktivitas pertanian.

Ada berbagai macam jenis Alsintan yang disalurkan oleh Kementan ke beberapa wilayah tersebut. Adapun jenis-jenis alsintan yang telah berhasil disalurkan ke petani melalui program tersebut dapat dilihat melalui uraian berikut ini.

Penyaluran Bantuan Alsintan ke Berbagai Wilayah Indonesia

Dukungan pemerintah dalam menekan produktivitas sektor pertanian di Lampung Tengah, salah satunya dengan menyalurkan bantuan Alat dan Mesin Pertanian. Jenis Alsintan yang disalurkan melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian di Lampung ini, yakni berupa traktor roda 2 dan alat perontok padi (power threser).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, menuturkan bahwa program bantuan ini merupakan bagian dari upaya mewujudkan pertanian Indonesia yang maju, mandiri dan modern. Ia juga mengatakan bahwa sektor pertanian sudah tidak optimal lagi digarap secara  konvensional, tapi harus digarap dengan teknologi yang lebih canggih bahkan hingga ke sentuhan digital. Salah satu cara mendukung hal tersebut, yakni dengan penyaluran bantuan Alsintan ini.

Ia juga menambakan bahwa pada tahun ini, pihaknya juga telah menyiapkan berbagai macam alsintan yang nantinya akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing daerah yang ada. Pendistribusian alsintan tersebut juga akan diarahkan ke berbagai daerah sentra tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, hingga peternakan. Beberapa jenis Alsintan yang telah disipakan tersebut, seperti Cultivator, Hand Sprayer, Pompa Air, Rice Transplanter, Traktor Roda Dua, dan Traktor Roda Empat.

Ketua Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Lampung Tengah mengungkapkan bahwa bantuan Alsintan tersebut telah membantu meringankan usaha petani dalam proses pengelolaan pertanian dan memabntu meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian di wilayah mereka.

Sementara itu di Malang, Kementerian Pertanian juga menyalurkan sejumlah Alsintan, tepatnya di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Adapun beberapa jenis Alsintan yang diberikan, yaitu traktor tangan sebanyak 4 unit dan combine harvester besar sebanyak satu unit. Selain itu, ada juga mesin pemanen berukuran sedang, mesin perontok (power thresher), mesin packing beras, mobil pick up, serta mesin pengering (vertical dryer) padi berkapasitas 10 ton masing-masing satu unit.

Menteri Pertanian menuturkan dalam kesempatannya saat itu bahwa proses penyaluran bantuan Alsintan tersebut merupakan janji Presiden Joko Widodo kepada para petani pada saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Malang pada akhir April 2021 lalu. Ia menambahkan bahwa penyaluran bantuan tersebut dijanjikan oleh Presiden setelah melihat hasil produksi pertanian di sana yang cukup menggembirakan.

Selanjutnya, Syahrul mengatakan bahwa harapan dari penyaluran bantuan ini dapat meningkatkan produktivitas para petani di wilayah tersebut, namun tidak lantas membuat para petani menjadi malas. Mekanisasi serta tenaga pekerja harus seimbang dalam sektor ini. Sebab, banyaknya tenaga kerja juga harus dibarengi dengan mekanisasi dan teknologi yang ada agar hasil yang diperoleh jauh lebih optimal.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like